Jumat, 29 Januari 2010

Pengakuan Para Sastrawan Dunia Pemenang Nobel (Sedikit Review)

 


Kemaren dulu gw ke bazar buku di depan kopma unnes, trus dapetin 2 buku murah yang lumayan bagus. Yang satu judulnya gw lupa, pokoknya tentang kiat2 sukses jadi eksekutif gitu deh. Agak mirip2 ama seven habits, tapi dalam bentuk cerita. Lha buku yang kedua ini yang mau sedikit gw bahas. Judulnya Pengakuan Para Sastrawan Dunia Pemenang Nobel. Dari judulnya aja udah keliatan banget kalo nih buku sastra banget. Jadi yang mau baca paling gak harus punya jiwa sastra yang err.. agak tinggi buat nikmatinnya.
Gimana dengan gw? Apakah gw punya jiwa sastra yang lumayan tinggi? Apakah gw mudeng ama isi dari buku ini? Jawabannya adalaaah………… NGGAK!!! Ahahaha. Sumpah yah gw cengo sendiri baca nih buku. Mana isinya cuman pidato2 dari para pemenang nobel sastra, bahasanya aje gile sastra mampus, trus itu tuh  belum cukup sodara-sodara. Satu hal lagi yang bikin gw gak tamat-tamat baca buku ini adalah…….. kalian tau apa? gw sibuk ama buku2 kuliah! Yap, kalian gak salah baca. Kemaren2 gw lagi getol2nya pacaran ama buku  biologi, kimia, anatomi fisiologi, dan sebangsanya. Kenapa? Karena gw lagi uas. Jadi yah terpaksa buku sastra itu gw tinggalin dulu. Hehe
Sampe tulisan ini dibuat, gw belum selese baca itu buku. Baru sepertiga doank keknya.  Emang sih bahasanya susah buat dipahami, tapi gw tetep aja maksa nerusin nglahap nih buku. Soalnya banyak quote2 keren di buku ini sih. Sastrawan banget deh. Terus juga banyak referensi buku berkualitas (fiksi dan nonfiksi) didalemnya. Lumayanlah buat referensi gw kalo lagi di toko buku. Ahahay.
Sedikit review,
Buku ini dibuka dengan penjelasan tentang bagaimana caranya seorang penulis bisa kepilih jadi pemenang nobel (pemenangnya disebut nobel laureate). Mulai dari sidang sastrawan dunia, cerita panitia nobelnya, sampe acara penerimaan hadiah nobel sastra di Swedia. Terus langsung dilanjutin ama isi dari pidato2 pemenang nobel sastra tersebut. Nih gw tulisin daftar nama pemenang nobel sastra, asal negara ama judul pidato mereka:
1. J. M Coetzee, Afrika Selatan, “Ia dan Hambanya”
2. Imre Kertesz,  Hungaria, “Heureka!”
3. V. S. Naipaul, Inggris, “Dua Dunia”
4. Gao Xingjian, China, “Persoalan bagi Sastra”
5. Gunter Grass, Jerman, “Bersambung…”
6. Kenzaburo Oe, Jepang, “Jepang, yang Ambigu, dan Diriku”
7. Toni Morrison, Amerika Serikat, (tidak ada judul)
8. Nadine Gordimer, Afrika Selatan, “Tulisan dan Ada”
9. Naguib Mahfouz, Arab, (tidak ada judul)
10. Gabriel Garcia Mar quez, Kolumbia, “Kesunyian Amerika Latin”
Terus udah. Selese deh bukunya. *ditimpukin pembaca* ahahaha, emang kek gitu sih. Abis pidato2nya selese, langsung cover belakang buku. Jadi bukan salah gw donk kalo gak ada penutupnya. *nyibak poni*
Okeh okeh, buat mengatasi kekecewaan pembaca, gw yang baik hati dan manis ini *sok iye banget gw :D* akan nulisin beberapa quote keren dari buku Pengakuan Para Sastrawan Dunia Pemenang Nobel. Silahkan dinikmatiiiii…….:
Cara terbaik bagi seorang penulis untuk dapat melayani perubahan adalah menulis sebaik mungkin. (Gabriel Garcia Marquez)
Bukan semata-mata keberanian prajurit selagi menggenggam senjata dan menyerang musuh: keberanian itu seperti saat menghadapi kematiaannya sendiri di atas kuda pucatnya. (J. M Coetzee)
Terus buat siapa ia menulis? Jawabnya jelas: dia menulis untuk dirinya sendiri. (Imre Kertesz)
Saya pernah mati, maka saya bisa hidup. (Imre Kertesz)
Bakat adalah sejenis kenangan yang memungkinkan mereka mendekati musik awang-awang ini, mendengar suaranya, mencatatnya….. (Proust)
Apa yang ingin saya katakan disini adalah bahwa sastra itu hanya dapat menjadi suara individu dan selalu seperti itu. Tatkala sastra diusung sebagai himne suatu bangsa, bendera suatu ras, musik suatu partai politik atau suara suatu kelas atau kelompok, sastra berubah menjadi alat propaganda yang perkasa. Bagaimanapun, sastra seperti itu kehilangan jiwa sastrawinya, berhenti menjadi sastra dan menjadi pengganti kuasa dan laba. (Gao Xingjian)
Dan masih banyak lagi quote2 keren yang gak bisa gw tulis ini.
*kenapa zha?*
Karena gw belum baca semua isi bukunya! Wuakakaka. Lanjut baca bukunya dulu deh, kalo ada waktu gw tambahin. Ok ok? Bubay…..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar